Hi, Saya Widyanti Yuliandari



Saya seorang bloger, penulis buku, pebisnis online, trainer dalam bidang penulisan dan bidang lingkungan, juga ASN di Universitas Islam Negeri RM Said Surakarta.

Saya lahir di kota Situbondo. Saat ini tinggal di kota Surakarta. Aktifitas menulis sudah saya jalani lebih dari 10 tahun,mulai dari menulis buku,menulis artikel di berbagai media massa, dan bloging. Saya juga memberi pelatihan menulis mengenai blog, cara menulis konten yang berkualitas, teknik menulis review produk, termasuk pelatihan melangsing yakni cara mudah melangsingkan tubuh melalui pola makan yang sehat.

Berbagai writing competition sudah saya ikuti. Alhamdulillah, dari sekian banyak lomba menulis ini, sebagiannya berhasil saya menangkan, baik juara 1,juara 2, juara 3, juara harapan ataupun juara favorit.

Beberapa buku solo atas nama saya sendiri sudah diterbitkan, termasuk penerbit mayor, selain beberapa buku antologi, termasuk antologi dalam bidang penulisan.

Saat ini, saya juga diamanati menjadi ketua umum komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Komunitas ini beranggotakan lebih dari 22 ribu orang, baik yang tinggal di Indonesia, maupun yang tinggal di luar negeri.

Untuk lebih lengkapnya, saya tuliskan, aktivitas di bawah ini.

Buku

Food Combining, Pola Makan Enak, Sehat dan Mudah. Kawan Pustaka. 2015
Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan. Gramedia Pustaka Utama. 2016
Kakak Mogok Makan. Buku cerita anak yang diterbitkan atas kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Penerbit Tiara Aksana. 2017.
Rahasia Nada. Buku cerita anak yang diterbitkan atas kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Penerbit Tiara Aksana. 2017.
99 Tanya Jawab Food Combining. Tulisan lengkap mengenai buku solo ini bisa dibaca di 99 Tanya Jawab Food Combining untuk Anda yang Ingin Sehat dan Langsing.

Untuk mendapatkan buku ini silahkan kontak WA di 085230918868


Kontributor dan Ikut Merancang Buku

Selain buku solo, saya ikut berkontribusi dalam penulisan buku bersama penulis dan bloger lainnya. Sebagian buku antologi ini, saya terlibat dalam mendesain buku dari isi hingga cover, memberikan pelatihan untuk penulis dan memandu dalam pemasarannya, terutama buku yang dibuat dan diterbitkan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN).

Bawana Winasis Dieng Widyanti Yuliandari
Buku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020) ini mengenai Dieng. Saya berkontribusi menjadi salah satu penulis dan juga berperan dalam pelatihan para penulisnya.


Aku dan cagar budaya Widyanti Yuliandari
Menjadi kontributor buku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2019)


Buku museum nusantara widyanti yuliandari
Buku ini diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020). Saya berperan mendesain cover, mengompilasi isi dan menyunting, dan menjadi salah satu penulisnya.


Lomba Blog
  1. Juara 1 Lomba Blog Hutan Indonesia #SaveOurParadise yang diselenggarakan oleh Greenpeace Indonesia pada 2014. Artikel lengkap silahkan baca : Save Our Paradise : Menyelamatkan Hutan Dimulai Dari Rumah
  2. Pemenang Lomba Blog #IngatLingkungan yang diselenggarakan oleh Blogdetik bekerja sama dengan World Wild Fund WWF Indonesia, 2014
  3. Pemenang Harapan Lomba Blog Kosmetik Halal, Kompasiana-Wardah, 2014
  4. Pemenang Mingguan Lomba Blog Hari TB, 2014
  5. Pemenang Lomba Blog Dalam Rangka Dies Natalis Pusat Studi Biofarmaka IPB, 2015. Baca tulisan di Agar Jamu Indonesia Tetap Lestari.
  6. Pemenang Lomba Blog PERGIZI, 2015
  7. Pemenang Lomba Blog Flipit, 2016
  8. Pemenang Artikel Terbaik #ShopBackersStory Pesta Cashback Nasional Periode III, 2016. Tulisan bisa dibaca di Kejutan Manis dari Pak Suami
  9. Pemenang Lomba Blog Contest I Am Hope The Movie. 2016
  10. Pemenang Lomba Blog Live To The Max, Theragran, 2017. Baca tulisan di Karena Widya Adalah Ilmu Pengetahuan, Ini Resolusi Saya Tahun 2018.
  11. Pemenang Lomba Blog Qlapa, 2018. Tulisan bisa dibaca di Berburu Produk Handmade Unik Hanya dengan Klak Klik.
  12. Juara 2 Lomba Blog C2Live. 2018.
  13. Pemenang Ke-2 Lomba Blog #1000HariTerbaik. Lomba ini diadakan oleh Good News From Indonesia bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2018
  14. Pemenang ke-2 Lomba Blog Niagahoster, 2019. Link tulisan, silahkah baca : Melongok limpahan peluang bisnis bidang internet marketing di era revolusi industri 4-0
  15. Pemenang ke 4 Kompetisi Blog #BahagiaBersamaAirasia tahun 2019. Tulisan bisa dibaca di Bahagia Bersama AirAsia, Menempuh Perjalanan International Conference Pertama di Malaysia.
  16. Pemenang hiburan lomba blog  Forest Cuisine Blog Competition yang diselenggarakan Blogger Perempuan Network bersama WALHI 18 Januari – 18 Februari 2020. Lomba ini diikuti  234 blogger dari seluruh Indonesia. Silahkan baca : Menyesap manfaat sehat manisnya madu hutan kawasan Ijen Bondowoso.
  17. Pemenang favorit blog competition VitalisxKEB " Sensasi Mandi Parfum Bersama Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash " tahun 2020. Tulisan bisa dibaca di : Tegang akibat beban pekerjaan dan kondisi kurang menguntungkan ? Jangan Galau, Yuk Coba Mindful Bathing, Cara Menghilangkan Stress Sambil Mandi Parfum.
  18. Pemenang hadiah hiburan lomba blog  bertajuk #MenebarKebaikan Dompet Dhuafa tahun 2020. Ada 531 peserta di lomba ini. Tulisan bisa dibaca di : Menebar Kebaikan : Menjadi Lilin untuk Menyalakan Jutaan Lilin Kebaikan Lainnya di Sekitar Kita.
  19. Pemenang pertama Blog Writing Competition dalam online launching “ASUS VivoBook S14 S433” tanggal 8 Mei 2020. Tulisan bisa dibaca di Asus Vivobook Ss14-S433FL Laptop Tipis Berkinerja Mumpuni dengan Warna Atraktif yang Mengekspresikan Kepribadianmu
  20. Pemenang hadiah hiburan #LombaBlogQwords " Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi " yang diselenggarakan oleh Qwords.com dari tanggal 24 April - 15 Juni 2020. Tulisan bisa dibaca di Memaksimalkan Teknologi Informasi untuk Terus Berkarya dan Menciptakan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19.
  21. Pemenang ketiga ASUS TUF Gaming A15 Writing Competition Juni - 19 Juli 2020. Tulisan bisa dibaca di : nge-Game dan Kerja Ngebut dengan Asus TUF Gaming A15 FX505 Berprosesor AMD Ryzen 4000 Series
  22. Pemenang harapan Dare to be You With Asus Vivobook S14 S433 pada Juli 2020. Tulisan bisa dibaca di : Dare to be You Tetap Muda di Usia 40 tahun plus Bersama Laptop Millenial Asus Vivobook S14 S433.
  23. Pemenang kedua  Writing Competition dalam online launching “ASUS ExpertBook B9” tanggal 2 Juni 2020. Tulisan bisa dibaca di : Makin aman menjaga informasi diri dan data bisnis bersama Asus Expertbook di Era Internet of Thing (IoT) September 2020.
  24. Sepuluh pemenang terbaik Blogger Writing Competition yang diadakan ASUS Indonesia pada Oktober 2020 tentang ASUS ROG Phone 3: The Ultimate Winner. Tulisan lengkap, silahkan dibaca di Meraih Impian dengan menjadi Gamer Perempuan Ultimate Winner bersama ASUS ROG Phone 3.
  25. Sepuluh pemenang terbaik Blogger Writing Competition yang diadakan ASUS Indonesia pada Desember 2020 - Januari 2021 "ASUS VivoBook 14 A416 - Wasy Portability, Effortless Productivity". Silahkan kunjungi tulisannya di Merdeka belajar bersama ASUS VivoBook 14 A416.
  26. Juara Pertama Blog Writing Competition yang diselenggarakan oleh RedDoorz pada Agustus 2021 dengan tema: Mau Jalan-Jalan Kemana Setelah Pandemi Usai? . Tulisan ada di blog satunya lagi, silahkan kunjungi ini ya 😍 Wisata Penyembuhan Healing Di Bali untuk Kesehatan Mental.
RedDoorz blog competition 2021


Giveaway
Lomba penulisan dalam rangka giveaway

1. Pemenang pertama giveaway yang diadakan Evrina.com
2. Bisnis online Susinda.com (2014)
3. Pemenang pertama giveaway blog coklat gosong (2015)
4. Kado terindah. Galaksi Pungky (2015)


Narasumber

Memiliki pengalaman menjadi narasumber dalam bidang lingkungan, penulisan, bloging, internet marketing dan pola makan sehat.

  • Narasumber pelatihan Manajemen Usaha Jual Beli online (E-commerce) yang diselenggarakan oleh PC Fatayat NU Bondowoso bekerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan RI. Desember 2020
  • Pemateri webinar mengenai Hari Hutan Sedunia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Prodi Teknik Lingkungan Universitas Jember. November 2020
  • Pemateri tentang Merancang Konten Marketing pada Bisnis Online yang diselenggarakan Kewirus Masterclass Oktober 2020. 
  • Pemateri  tentang Dunia Blogging dan Peluang Bisnisnya dari rangkaian seri webinar IM3 OOREDOO bekerja sama dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) September 2020.
  • Pemateri bertema  Suara Kita Tentang Perubahan Iklim. pada webinar yang diselenggarakan oleh KBR bekerja sama dengan Internews.

Juri Blog Competition

1.Blog Competition Wonderful Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  RI tahun 2018.
2. Blog Competition Cagar Budaya Indonesia dengan penyelenggara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2019.
3. Blog Competitian Live Healthy Be Happy diselenggarakan oleh MODENA Indonesia bekerja sama dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) tahun 2020.
4. Blog Competition Ngemil Bijak yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan nasional di bidang makanan dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) tahun 2020.
5. Blog Competition  Mengoptimalkan Potensi Dunia Blogging yang diselenggarakan oleh IM3 Ooredoo Jabodetabek dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) tahun 2020.
6. Writing Challenge Meneropong Negeri Khayangan Dieng yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) tahun 2020.
7. Blog Competition IndiHome Blogger Days yang diselenggarakan oleh IndiHome dengan tema Peran IndiHome Membangun Kedaulatan Digital Indonesia (Desember 2021)
8. Blog Competition yang diselenggarakan oleh PT Mondelez Indonesia bekerja sama dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) dengan tema Memilih Kkeju Cheddar dengan bahan baku yang tepat dan berkualitas melalui kampanye #KejuAsliCheck (Desember 2021)

Pelatihan

Pelatihan ini dilakukan untuk memfasilitasi publik yang ingin belajar dan meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis. Sudah bertahun-tahun saya memberikan pelatihan baik di komunitas IIDN dan di Gramedia Academy.

Trainer di Gramedia Academy
Menjadi trainer dalam bidang penulisan dan blogging

Pelatihan yang saya berikan bersifat kelompok dan privat meliputi menulis untuk pemula, nge-blog untuk pemula, menulis tingkat lanjut, menulis artikel untuk media massa, teknik menulis review produk, menulis buku hingga mengemas brandingnya sehingga buku tersebut layak jual.

Untuk membantu pelatihan menulis, tersedia juga buku untuk bloger pemula. Buku ini dikemas sebagai panduan menulis step by step dan disertai buku pendukung blogger planner. Resensi mengenai buku ini, silahkan baca di Ngeblog Dari Nol, Cara Sukses Menjadi Blogger Pemula.

buku ngeblog dari nol

Pelatihan mengenai lingkungan seperti pemantauan dan pengelolaan kualitas air, pengelolaan limbah, operasional IPAL dan sebagainya.

Pelatihan lingkungan Widyanti Yuliandari
Pelatihan bidang lingkungan

Informasi lengkap mengenai pelatihan dan pemesanan buku tersebut bisa menghubungi saya melalui email wyuliandari(at)gmail.com ataupun melalui akun sosial media saya.

Halaman ini hanya menampilkan profil saya. Untuk informasi detail bisa dilihat pada kolom social media, ataupun blog pribadi di:

Social Media



Blog





4 Komentar

  1. Salam kenal kak widyanti, ternyata kakak seorang penulis juga ya.😃

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Saya masih harus banyak belajar. Terima kasih sudah berkunjunga mas :D

    BalasHapus

Posting Komentar